Thursday, Mar 30th 2017
  • Kerja Bakti bersama warga Marunda Ikon Regional Jakarta Utara

    Yayasan Danamon Peduli turut serta membersihkan lingkungan

  • Seorang pedagang menggunakan fasilitas kebersihan di pasar binaan Yayasan Danamon Peduli

    Tingkatkan kesadaran akan kebersihan di sekitar pasar dengan kebiasaan mencuci tangan

Penutupan Rangkaian Jelajah Pasar Rakyat Nusantara 2016 di Pasar Besar,Kota Batu


Batu, 2 Oktober 2016. Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) kembali menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat ke-14 di Pasar Besar, Kota Batu, Jawa Timur. Festival Pasar Rakyat kali ini juga terselenggara atas dukungan Pemerintah Kota Batu dan Bank Indonesia Wilayah Malang dalam rangkaian perayaan hari ulang tahun Kota Batu yang ke-15.

Festival Pasar Rakyat Pasar Besar, Kota Batu, Jawa Timur terasa istimewa karena terpilih sebagai lokasi penutupan rangkaian Jelajah Pasar Rakyat Nusantara 2016. Selama tahun ini telah terselenggara festival serupa dibeberapa tempat seperti Pasar Ibuh, Payakumbuh Sumatera Barat; Pasar Grogolan, Pekalongan, Jawa Tengah; Pasar 16 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan serta Pasar Pandansari, Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal ini juga merupakan bagian dari program Danamon Peduli yang pada tahun 2016 memiliki anggaran sekitar Rp 17 miliar untuk kegiatan tanggung jawab sosial.

Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Batu ke-15, Danamon Peduli berinisiatif mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Batu merayakannya di pasar rakyat. Bagaimana pun pasar merupakan pusat kehidupan yang telah menyangga perekonomian Kota Batu. Kegiatan promosi Festival Pasar Rakyat merupakan salah satu strategi agar keberadaannya memberikan peran dan nilai tambah bagi masyarakat. Keunikan pasar rakyat di Kota Batu tentunya akan menambah daftar destinasi wisata Batu. Hal ini selaras dengan salah satu peran Danamon Peduli yaitu mitra kerja pemerintah sehingga mendorong kami untuk bergotong royong dengan pemerintah daerah dalam memajukan pasar rakyat,” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Hadir di Festival Pasar Rakyat Pasar Besar, Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Sihard Hadjopan Pohan SH, MM; Wakil Walikota Batu, Ir. Punjul Santoso SH, MM; Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu Wibi Asri Fianti; Kepala Bank Indonesia Wilayah Malang, Dudi Herawadi; Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Wilayah Malang, Fetri Andriani; dan Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi.

Kota Batu merupakan salah satu kota wisata yang terkemuka di Indonesia. Jumlah wisatawan lokal mapun domestik terus meningkat setiap tahunnya. Batu memiliki banyak sumber daya untuk menjadi kota tujuan pelancong karena kekayaan alamnya, sejarah, kuliner serta tempat hiburan. Danamon Peduli mengajak Pemerintah Kota Batu untuk mengangkat peran dan nilai pasar rakyatnya sebagai salah satu komoditas wisata yang patut diperhitungkan.

“Pasar Besar menjadi istimewa karena lokasinya yang berada pada jalan utama kota Batu. Pasar Besar bisa mengambil peran sebagai etalase terlengkap yang menceritakan kekayaan komoditas dan kuliner kota Batu. Strategis untuk nilai tambah bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Batu dan ingin merasakan interaksi di pasar tradisional,” sambung Restu Pratiwi.

Sejalan dengan hal tersebut, Festival Pasar Rakyat kali ini menggelar pelatihan kuliner dan sesi motivasi dari praktisi kuliner lokal kepada pedagang pasar, pelajar SMA / sederajat dan umum. Pelatihan tersebut untuk menambah wawasan masyarakat jika ingin berbisnis kuliner yang erat kaitannya dengan wisata kuliner kota Batu. Terlebih dari itu, keragaman kuliner juga melekat dengan keberadaan pasar sebagai pemasok komoditas.

Untuk menambah kemeriahan, Festival Pasar Rakyat Pasar Besar menyelenggarakan berbagai lomba seperti Lomba Kuliner Kreatif, Lomba Cerdas Cermat antar Pasar dan Amazing Race di pasar yang semuanya memanfaatkan keberadaan komoditas di Pasar Besar. Selain itu dihadirkan berbagai produk UMKM unggulan binaan Pemerintah Kota Batu serta pertunjukan seni dan budaya.

Semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia juga menjadi komitmen bersama dari Danamon. Hal ini tercermin oleh Danamon Simpan Pinjam yang merupakan lini bisnis Danamon di sektor pembiayaan usaha mikro.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Perbankan Mikro Danamon, Satinder Pal Singh Ahluwalia, menjelaskan bahwa pasar rakyat memiliki fungsi penting terhadap kesejahteraan masyarakat karena di dalamnya terdapat pengusaha-pengusaha mikro yang berkontribusi dalam perekonomian dan juga dalam menciptakan lapangan kerja. “Dengan pengalaman 12 tahun bermitra bersama para pedagang pasar, peran Danamon Simpan Pinjam bukan hanya menyediakan layanan perbankan kepada pedagang pasar sebagai nasabah, namun juga membantu mereka menjadi pengusaha mikro yang sukses. Hal ini sejalan dengan visi Danamon yaitu Kami Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan,” imbuh Satinder.



Share the knowledge...